Senin, 16 April 2018

Cara Merawat Rambut Keriting

Edit Posted by with No comments

1. Lakukan Pengeringan Rambut Secara Alami
      Pemakaian hair dryer untuk mengeringkan rambut keriting setelah keramas dapat membuat rambut semakin tampak mengembang. Bahkan pemakaian hair dryer yang terlalu sering juga membuat rambut menjadi rusak, seperti rambut bisa bercabang dan rambut menjadi kering. Oleh karena itu setelah keramas, sebaiknya Anda membungkus rambut dengan handuk hingga air di rambut meresap ke handuk. Lalu keringkan rambut Anda secara alami dengan cara dikipas-kipas atau diangin-anginkan atau dibiarkan kering secara alami. Dengan cara ini rambut keriting Anda akan lebih mudah diatur.
 2. Memakai Minyak Hangat Yang Alami
Cara merawat rambut keriting yang lainnya adalah dengan menggunakan minyak hangat di rambut dari bahan yang alami. Minyak ini akan membuat suhunya terasa nyaman di kulit, sehingga dapat membuat rambut kering, rusak dan tidak sehat menjadi halus dan mengkilap kembali. Bahkan dengan memakai minyak dari bahan-bahan alami akan membantu melembabkan rambut dan aman bagi rambut terhindar dari bahan-bahan kimia.
Minyak alami yang dimaksud adalah minyak kelapa, minyak zaitun, minyak almond, minyak jarak, ataupun minyak bunga mawar. Minyak zaitun banyak dipakai untuk kesehatan rambut.
 3. Menggunakan Creambath Alami
Rambut keriting yang cenderung mudah berantakan dan terlihat kaku, dapat diatasi dengan melakukan creambath dari bahan yang alami.  cara melembutkan rambut dengan memilih creambath dari bahan alami, seperti santan kelapa dan lidah buaya atau aloe vera. Salah satu manfaat aloevera untuk rambut agar rambut menjadi lembab dan halus. Cara pemakaiannya mudah saja :
  • Cuci rambut dengan sampo biasa terlebih dahulu.
  • Kemudian keringkan dengan handuk sebentar.
  • Saat kondisi rambut yang lembab ini oleskan santan kelapa atau daging lidah buaya ke seluruh bagian rambut Anda.
  • Setelah ramuan merata, tutup rambut dengan handuk atau shower cap yang sebelumnya sudah dicelupkan ke dalam air hangat.
  • Diamkan selama 30 menit.
  • Kemudian bilas dengan air bersih tanpa menggunakan sampo lagi.

4. Lindungi Rambut Menggunakan Penutup     Kepala
    Saat sedang berenang, sebaiknya Anda menggunakan topi renang khusus untuk melindungi rambut dari cairan desinfektan yang terdapat di air kolam renang. Cairan ini berfungsi untuk mematikan kuman-kuman di dalam air kolam renang. Tetapi ada efek buruk cairan ini pada rambut, yaitu dapat membuat rambut menjadi kering. Selain itu jangan lupa untuk melindungi rambut Anda dari paparan  siar matahari saat melakukan aktivitas di luar rumah. Sebab pengaruh sinar UV dapat membuat rambut Anda menjadi kering. Karena itu gunakan topi, penutup dari kain ataupun payung terutama saat beraktivitas di luar pada siang hari.
 5. Gunakan Sampo Berbahan Ringan
      Hindari sampo yang berbahan keras karena hanya akan membuat rambut keriting Anda menjadi lebih cepat kering. Sebaiknya Anda juga menggunakan sampo yang dikhususkan untuk rambut keriting agar penataan rambut jadi lebih mudah.

Itulah beberapa tips dari saya semoga bermanfaat ya....

0 komentar:

Posting Komentar